Ulasan Mengenai Rumah Syariah

Semangat Menjauhi Riba dengan Rumah Syariah


KPR rumah syariahAlhamdulillah Ghiroh ummat islam dalam hal memerangi dan menjauhi riba mulai bangkit, hal ini ditunjukan dengan bermunculannya perumahan atau rumah syariah di berbagai kota yang diiringi dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Sebut saja di Parung Panjang dengan rumah syariah Hasanah City yang telah sold out 80% dalam jangka waktu 3 bulan, atau rumah syariah Sakinah Village yang sempat langsung sold out 100% di hari pertamanya, nah kini sedang hadir pula Apartemen di pusat kota Sentul yang dipasarkan secara syariah, rumah syariah Kota Baru Islam Parahyangan padalarang Bandung dan Cikarang Islamic Village yang hingga hari ini artikel ditulis sudah ribuan orang yang berminat terhadap perumahan syariah diatas.

Masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam ini tidak secara sadar dalam kehidupan mereka sehari-hari terbumbui dengan hal-hal yang berbau riba, hal ini tentu menjadi perhatian husus bagi pegiat-pegiat anti-riba. Boleh dibilang hampir 90% umat islam Indonesia yang memiliki rumah didapatkannya dengan sistem ribawi atau akad bathil yaitu dengan pendanaan bank.

(Baca perbedaan KPR Bank konvensional vs KPR Bank syariah vs KPR Syariah

Keuntungan Kredit Kepemilikan Rumah Syariah

Sebelum membeli sesuatu tentu kita akan menimbang tentang produk yang akan kita beli, dan tentu akan membandingkan dengan produk serupa yang berbeda brand, karena tentu kita tidak ingin meyesal dikemudian hari terhadap produk tersebut, apalagi jika produk yang akan kita beli seharga ratusan juta rupiah, dengan membandingkan setiap keunggulan itulah yang akan membuat kita merasa nyaman sehingga tidak khawatir terhadap penyesalan dikemudian hari.
Berikut adalah beberapa keunggulan kredit kepemilikan rumah syariah dibandingkan dengan yang lain.

1. Terbebas dari dosa riba (yang ini keuntungan paling mendasar, tidak dapat dihargai dengan sejumlah materi untuk membandingkan keuntungan ini), belum tahu dosa-dosa riba? baca disini

2. Bebas BI checking, keuntungan yang ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang memang sudah terkena blacklist BI ataupun bagi mereka yang berwiraswasta seperti pedagang, driver kendaraan online dll.

3. Tidak-ada Sita dan Denda. Keuntungan yang ini tentu akan membuat kita nyaman, karena memang kita tidak dapat tahu rezeki kita dikemudian hari seperti apa, bisa jadi ditengah jalan cicilan kita tidak sanggup meneruskan.

4. Sertifikat rumah tidak dijadikan jaminan. Ini salah satu faktor penting bahwa developer tidak dapat menyita rumah kita bila kita sudah tidak sanggup bayar, karena sertifikat sudah atas nama kita dan tidak dijadikan jaminan.

5. Sertifikat rumah bisa langsung atas nama pembeli walaupun kita membayar rumah secara kredit. Berbeda dengan rumah over kredit dibawah tangan notaris, dimana sertifikat rumah masih atas nama pembeli pertama, dan ini beresiko karena bisa jadi penjual akan menjual kembali rumahnya ke orang lain lagi, padahal sudah kita over, atau ketika cicilan kepada bank telah selesai, maka pihak pembeli tersebut memerlukan identitas pihak penjual, padahal mungkin pihak penjual sudah tidak terdeteksi alamatnya

6. Lingkungan Islami. Lingkungan tentu akan mempengaruhi masa depan dan karakter anak.

Demikian sedikit ulasan mengenai rumah syariah dan keuntungannya



Load disqus comments

0 komentar