Apa itu NUP dalam dunia properti dan rumah syariah

Apa itu NUP dalam rumah syariah?


apa itu NUP dalam rumah syariah
NUP merupakan kepanjangan dari Nomor Urut Pemesanan. Masing masing developer kadangkala menggunakan istilah yang berbeda untuk masalah NUP,  mungkin pernah mendengar VVIP Phase yang pada intinya adalah kesempatan untuk memilih unit properti atau rumah berdasarkan urutan nomor sebelum properti di launching.

Sebagai keseriusan minat beli, investor atau konsumen diwajibkan membayar NUP sejumlah rupiah tertentu. Harga NUP ditetapkan per-unit, dimana nomor NUP berdasarkan siapa yang transfer terlebih dahulu. Pada rumah syariah harga NUP tidaklah setinggi seperti harga NUP rumah konvesional, NUP rumah syariah berkisar Rp. 100 - 300 ribu, harga NUP pada rumah syariah ini sebenarnya hanya untuk menggantikan biaya gedung dan tools, makan siang untuk 2 orang dll, jadi sangat wajar bila dibandingkan dengan NUP rumah konvesional yang harganya hingga tembus jutaan.

Pada kondisi ini bila calon investor yang telah memiliki NUP, kemudian ingin menambah dalam selang waktu yang berbeda dapat dipastikan tidak boleh memilih unit keseluruhan dalam waktu bersama.

Bisa dibayangkan, bila membeli 20 unit maka akan menunggu sebanyak 20 kali panggilan. Beruntung bila memesan NUP dalam satu kali proses pemesanan. Nomor NUP akan berurutan, sehingga bisa langsung memilih dalam satu waktu.

Dari kondisi diatas, ada developer yang mengakomodasi kepentingan investor dengan menawarkan variasi Pemesanan NUP dibedakan berdasarkan jenis NUP. Sebagai contoh : NUP Gold untuk pemesanan 20 unit, NUP Platinum untuk pemesanan 50 unit, NUP untuk pemesanan 1 unit.

Pembedaan Jenis NUP membawa konsekuensi perubahan urutan pemanggilan. Kesempatan pertama akan diberikan kepada pemegang NUP dengan jenis NUP tertinggi, dengan nomor urut awal… disusul dengan pemegang NUP berikutnya.
Load disqus comments

0 komentar