Analisa nilai investasi rumah di Bandung

Potensialnya investasi rumah di Bandung

Meski sempat terjadi perlambatan pada tahun lalu, real estate tetaplah menjadi primadona bagi setiap kalangan untuk berinvestasi. Hal ini ditunjukan dengan bertumbuhnya perkembangan perumahan disetiap kota. Beberapa pakar bahkan menganalisa kalau investasi sector properti khususnya rumah ditahun ini akan menjadi primadona.

Grafik jumlah properti di Bandung

Portal besar properti Lamudi pernah merilis lima kota terbaik untuk berinvestasi property karena peningkatan harganya, salah satunya adalah Bandung. Semenjak beroperasinya Tol Cipularang yang menghubungkan kota Jakarta menuju Bandung, setiap week end Bandung selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari Jakarta ataupun dari kota disekitarnya, selain karena kondisi iklim yang sejuk, bandung juga memiliki wisata kuliner yang beraneka macam. Hal ini memicu para investor untuk berinvestasi di Bandung. Merunut hasil analisa Urbanindo.com pada bulan Maret 2013 harga rata-rata tanah berkisar Rp. 2.7 juta/m2 sedangkan harga rumah Rp. 6 Juta/m2 dan kurang dari satu tahun harga tanah sudah melonjak menjadi 3.69 juta/m2 atau naik sekitar 36%. Bahkan di beberapa daerah seperti Dago dan Setiabudi harga tanah dapat mencapai 9.19 Juta/m2. Kenaikan ini sebanding dengan kenaikan property lainnya seperti rumah dan ruko sebesar 20 – 30%.

 Rumah menjadi asset investasi paling menggiurkan

Pada bulan Januari 2014, dari data Urbanindo.com rumah yang dijual di bandung mencapai 9753 buah, atau naik sekitar 130% dari rumah yang dipasarkan pada kuartal pertama tahun 2013. Kenaikan signifikan tersebut dikarenakan pangsa pasar yang sangat potensial serta banyaknya rumah yang dijual dengan harga dan kelebihan tertentu. Bila dilihat dari data Urbanindo, rumah yang menjadi primadona adalah rumah dengan harga sekitar 500 juataan, dengan pembeli didominasi sebagian besar dari kota Jakarta (56%). Bila dilihat dari grafik pertumbuhan tersebut tidak menutup kemungkinan tahun 2017-2018 akan banyak berdiri perumahan baru di kota Bandung.


Pertumbuhan peminat rumah di bandung akan terus meningkat sebanding dengan kemudahan dalam mendapatkan perumahan tersebut. Sebut saja rumah-rumah subsidi yang bermunculan di setiap daerah, apalagi pada tahun ini investor property syariah sudah merambak ke kota kembang tersebut, tentu akan menjadi magnet sendiri bagi para pencari rumah di bandung

Load disqus comments

0 komentar