Kiat menghindari riba dalam lingkungan serba riba

Mantan Presiden Obasanjo, mengomentari utang Nigeria:"Semua hutang yang telah kita pinjam hingga tahun 1985 atau 1986 adalah sekitar $ 5 miliar dan kita telah membayar sekitar $ 16 miliar. Namun kita masih diberitahu bahwa kita masih berutang sekitar $28 miliar. Itu terjadi karena ketidakadilan dalam suku bunga kreditur asing. Jika Anda bertanya kepada saya apa hal terburuk di dunia, saya akan mengatakan itu adalah bunga majemuk. "
-Jubilee 2000 Berita Update, Agustus 2000

 
Isn’t it strange how a Muslim will strictly stay away from eating pork because it is haraam, yet the same person has no problem devouring riba (otherwise known as usury or interest)?


Apakah tidak aneh jika seorang Muslim sangat ketat untuk menjauhi makan daging babi karena haram, namun orang tersebut biasa saja dalam hal riba (atau dikenal dengan bunga)? Riba membawa kesulitan dalam kehidupan ini, dan yang lebih penting adalah bahwa riba sangat menakutkan konsekuensinya dalam kubur dan akhirat (akhirat).


Jadi bagaimana kita bisa menghindari Riba? Hidup dalam kondisi lingkungan yang berselimutkan proses riba disegala bidang, akan sedikit lebih sulit untuk dihindari, namun hal ini tidak dapat digunakan sebagai alasan untuk melakukan transaksi riba. Beberapa tips untuk menghindari riba adalah:
  1. Bertakwa dan berkeyakinan bahwa Allah akan menyediakan segala hal yang diperlukan untuk Anda dan keluarga Anda
  2. Tidak mengambil pinjaman yang dikenakan bunga
  3. Memilih investasi halal (misalnya emas)
  4. Menyewa rumah sambil menyimpan uang tunai sampai terbeli rumah sebagai tempat tinggal
  5. Jika kemampuan menyimpan uang untuk membayar tunai beli rumah tidak sanggup, belilah rumah dengan sistem syariah (rumah syariah), pelajari dahulu konsepnya. 
  6. Waspadai setiap transaksi dan carilah dahulu sistemnya, tanyakan pada ahlinya.
  7. Membuka rekening bank pada Bank tanpa bunga
  8. Berhutanglah jika diperlukan kepada saudara atau teman
  9. Tidak membeli kebutuhan yang anda akan memberatkan dalam pembayarannya
  10.  Jika Anda telah menerima bunga, Anda harus menghabiskan di jalan amal tanpa mengharapkan imbalan.
  11. Cara yang paling efektif untuk menghindari Riba dan untuk menentukan transaksi yang diperbolehkan adalah dengan konsultasi pada ahli mu'amalat Islam 

Load disqus comments

0 komentar